tugas minggu pertama - I24150025
Kuliah Senin
5 September 2016
M.K
Perilaku Konsumen Dewi Mutia
Silmie
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. I24150025
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. I24150025
Tugas
Pertemuan 1
Perilaku
konsumen merupakan materi yang sangat menarik pada senin 5 september 2016.
Dengan mempelajari materi ini kita akan mengetahui bagimana perbedaan perilaku
konsumen di Negara kita baik di kota atau di desa. Dosen yang mengajar tidak
kalah menarik yaitu Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Ilmu yang mempelajari
perilaku konsumen pada keluarga itu hanya ada di fakultas ekologi manusia dengan
mayor IKK.
Apa
yang anda ingat saat mendengar kata “konsumen”?
mungkin konsumen identik dengan pasar, barang, jasa atau penjual. Pada
dasarnya konsumen itu berhubungan dengan transaksi barang atau jasa dengan
penjual di sebuah tempat atau secara online.
Zaman global ini pembayaran barang dan jasa juga tidak hanya menggunakan uang
tunai tetapi menggunakan uang plastik. Uang plastik yang dimaksud itu seperti
kartu kredit atau ATM. Keanekaragaman pembayaran dalam transaksi ini diakibatkan
oleh perilaku konsumen yang berubah.
Perilaku
konsumen sendiri mempunyai arti perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari,membeli,menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk barang dan
jasa yang diharapkan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam berjalannya waktu
perilaku konsumen banyak berubah, perubahan ini terutama disebabkan oleh
globalisasi. Konsumen di Indonesia yang dulunya selalu menggunakan uang tunai
dalam transaksi sekarang berubah menggunakan
kartu –kartu seperti orang-orang di Negara maju. Perubahan di Indonesia
belum merata masih banyak kesenjangan antara konsumen kota dan konsumen di
desa.
Konsumen
di perkotaan Indonesia cenderung membeli secara online. Konsumen pedesaan lebih
suka secara langsung. Transaksinya pun berbeda konsumen perkotaan menggunakan
uang plastic atau ATM. Sedangkan konsumen pedesaan menggunakan uang kertas atau
uang tunai. Bagi konsumen perkotaan
memilih untuk belanja menggunakan
aplikasi pada gadjet di rumah atau di kantor. Dengan budaya seperti itu membuat
perilaku konsumen akan berbeda dengan konsumen pedesaan yang datang ke toko
secara langsung.
Untuk
itu kita tahu manfaatnya mempelajari perilaku konsumen :
1. Membantu
para pemimpin perusahaan untuk memahami konsumen sehingga dapat mengambil
keputusan.
2. Memberi
pengetahuan mengenai teori-teori konsumen.
3. Perilaku
konsumen ini memegang peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik.

Consumer behaviour is a very interesting material on Monday 5 september
2016. By studying this material we will see how the difference in consumer
behavior in our country either in the city or in the village. Professors who
teach not less interesting, namely Prof. Dr. IR. Ujang Sumarwan, M.Sc. The
study of consumer behavior in the family there is only in the Faculty of human
ecology with major IKK.
What do you
remember when hearing the word "consumer"? the consumer may be
identical to markets, goods, services or the seller. Basically consumers were
related to the transaction with the seller of the goods or services at a place
or online. This global age payment of goods and services is also not only use
cash but use plastic money. Plastic money is it like a credit card or ATM
transaction payments in Diversity. This caused by changing consumer behaviour.
Consumer behavior itself has the meaning of behavior that is demonstrated
in searching for consumers, buying, using, evaluating, and spend the products
goods and services are expected to satisfy their needs. Consumer behavior over
time in many changes, this change is primarily caused by globalization.
Consumers in Indonesia who used to always use cash in a transaction now turns
using cards – cards such as those in developed countries. Changes in Indonesia
have not been equitable there are still many gaps between the city and the consumer
in the village.
Urban consumers in Indonesia are likely to buy online. Rural consumers
prefer directly. This transaction is any different urban consumers are using
plastic money or rural consumers While ATM. use paper money or cash. For urban
consumers choose to spend using applications on gadjet at home or in the
Office. With culture like that make consumer behavior will be different with
the rural consumers who come into the store directly.
For that we
know benefits studying consumer behavior:
1. helps
company leaders to understand consumers so that it can take decisions.
2. Gave
knowledge about the theories of the consumer.
3. Consumer
behaviour and it holds an important role in the development of public policy.
Dewi Mutia Silmie
I24150025
Departemen
Ilmu keluarga Konsumen
Fakultas Ekologi Manusia (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Departemen yang mengasuh mata kuliah
Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Prof
Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id,
www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor
Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
BUKU
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Komentar
Posting Komentar
silahkan berkomentar apapun atau curhat. jika ingin lebih privasi dan rahasia silahkan kirim email : mutiasilmiedewi@gmail.com