tugas minggu pertama - I24150025

Kuliah Senin 5 September 2016
M.K Perilaku Konsumen                                         Dewi Mutia Silmie
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.                    I24150025
Tugas Pertemuan 1
Perilaku konsumen merupakan materi yang sangat menarik pada senin 5 september 2016. Dengan mempelajari materi ini kita akan mengetahui bagimana perbedaan perilaku konsumen di Negara kita baik di kota atau di desa. Dosen yang mengajar tidak kalah menarik yaitu Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Ilmu yang mempelajari perilaku konsumen pada keluarga itu hanya ada di fakultas ekologi manusia dengan mayor IKK.
Apa yang anda ingat saat mendengar kata “konsumen”?  mungkin konsumen identik dengan pasar, barang, jasa atau penjual. Pada dasarnya konsumen itu berhubungan dengan transaksi barang atau jasa dengan penjual di sebuah tempat atau secara online. Zaman global ini pembayaran barang dan jasa juga tidak hanya menggunakan uang tunai tetapi menggunakan uang plastik. Uang plastik yang dimaksud itu seperti kartu kredit atau ATM. Keanekaragaman  pembayaran dalam transaksi ini diakibatkan oleh perilaku konsumen yang berubah.
Perilaku konsumen sendiri mempunyai arti perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari,membeli,menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk barang dan jasa yang diharapkan memuaskan kebutuhan mereka. Dalam berjalannya waktu perilaku konsumen banyak berubah, perubahan ini terutama disebabkan oleh globalisasi. Konsumen di Indonesia yang dulunya selalu menggunakan uang tunai dalam transaksi sekarang berubah menggunakan  kartu –kartu seperti orang-orang di Negara maju. Perubahan di Indonesia belum merata masih banyak kesenjangan antara konsumen kota dan konsumen di desa.
Konsumen di perkotaan Indonesia cenderung membeli secara online. Konsumen pedesaan lebih suka secara langsung. Transaksinya pun berbeda konsumen perkotaan menggunakan uang plastic atau ATM. Sedangkan konsumen pedesaan menggunakan uang kertas atau uang tunai.  Bagi konsumen perkotaan memilih untuk  belanja menggunakan aplikasi pada gadjet di rumah atau di kantor. Dengan budaya seperti itu membuat perilaku konsumen akan berbeda dengan konsumen pedesaan yang datang ke toko secara langsung.
Untuk itu kita tahu manfaatnya mempelajari perilaku konsumen :
1.      Membantu para pemimpin perusahaan untuk memahami konsumen sehingga dapat mengambil keputusan.
2.      Memberi pengetahuan mengenai teori-teori konsumen. 
3.      Perilaku konsumen ini memegang peranan penting dalam pengembangan kebijakan publik.
 


Consumer behaviour is a very interesting material on Monday 5 september 2016. By studying this material we will see how the difference in consumer behavior in our country either in the city or in the village. Professors who teach not less interesting, namely Prof. Dr. IR. Ujang Sumarwan, M.Sc. The study of consumer behavior in the family there is only in the Faculty of human ecology with major IKK.
What do you remember when hearing the word "consumer"? the consumer may be identical to markets, goods, services or the seller. Basically consumers were related to the transaction with the seller of the goods or services at a place or online. This global age payment of goods and services is also not only use cash but use plastic money. Plastic money is it like a credit card or ATM transaction payments in Diversity. This caused by changing consumer behaviour.
Consumer behavior itself has the meaning of behavior that is demonstrated in searching for consumers, buying, using, evaluating, and spend the products goods and services are expected to satisfy their needs. Consumer behavior over time in many changes, this change is primarily caused by globalization. Consumers in Indonesia who used to always use cash in a transaction now turns using cards – cards such as those in developed countries. Changes in Indonesia have not been equitable there are still many gaps between the city and the consumer in the village.
Urban consumers in Indonesia are likely to buy online. Rural consumers prefer directly. This transaction is any different urban consumers are using plastic money or rural consumers While ATM. use paper money or cash. For urban consumers choose to spend using applications on gadjet at home or in the Office. With culture like that make consumer behavior will be different with the rural consumers who come into the store directly.
For that we know benefits studying consumer behavior:
1. helps company leaders to understand consumers so that it can take decisions.
2. Gave knowledge about the theories of the consumer.
3. Consumer behaviour and it holds an important role in the development of public policy.



Dewi Mutia Silmie
I24150025
Departemen Ilmu keluarga Konsumen
Fakultas Ekologi Manusia (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Departemen yang mengasuh mata kuliah
Department of Family and Consumer Sciences, (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)

Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id,
www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

BUKU
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MY ANSWER I

Dibuat Oleh PenciptaKu

Cuma fiksi (part 1)